Monday, 22 June 2015

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Bahasa Inggris SMP

PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN UNGKAPAN MEMBERI INSTRUKSI PADA SISWA KELAS VIII-E SMPN 16 SURABAYA


ABSTRAK

Ady Sya’bana, Rico. 2014. Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Keterampilan Mendengarkan Ungkapan Memberi Instruksi pada Siswa Kelas VIII-E SMPN 16 Surabaya. Penelitiab tindakan Kelas (PTK), Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya.

Dosen Pembimbing     : Him’mawan Adi Nugroho, M. Pd

Kata Kunci                  : Keterampilan Mendengarkan, Media Audio Visual, Ungkapan Memberi Instruksi.

Dalam proses belajar mengajar, keterampilan mendengarkan adalah hal yang penting. Mendengarkan mendominasi segala aktifitas. Dengan kata lain, selama kegiatan belajar mengajar, kegiatan mendengarkan selalu dilibatkan, meskipun hanya satu kata atau kalimat. Hal ini karena tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris adalah untuk membuat siswa memahami ungkapan dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, pemahaman mendengarkan adalah keterampilan dasar dalam bahasa Inggris, karena segala aktifitas di kelas melibatkan keterampilan ini.
Pada kenyataannya, dari latihan-latihan yang diberikan kepada siswa, banyak dari mereka mendapatkan kesulitan dalam memahami ungkapan. Guru seharusnya lebih kreatif untuk membuat siswa menikmati kegiatan mendengarkan di dalam kelas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut. salah satunya adalah pengguanaan media bantu. Media audio visual media adalah salah satu alternatif media yang dapat membuat situasi kelas menjadi menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini adalah tentang penerapan media audio visual dalam mendengarkan ungkapan memberi instruksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 16 Surabaya. Ada dua rumusan masalah yang akan dijawab, (1) Bagaimana penerapan dari penggunaan media audio visual dalam mendengarkan ungkapan memberi instruksi untuk siswa kelas VIII-E SMPN 16 Surabaya? (2) Bagaimana respon siswa setelah penerapan media audio visual dalam mendengarkan ungkapan memberi isntruksi pada siswa kelas VIII-E SMPN 16 Surabaya?
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa instrumen untuk melaksanakan penelitian ini, yaitu lembar observasi, catatan lapangan dan kuisioner. Ketika proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, peneliti bertindak sebagai guru sekaligus sebagai seorang observer. Dia akan mengamati kegiatan kelasa selama proses belajar mengajar.
 Dari hasil penelitian dan pembahasan setelah pengambilan data, peneliti menyimpulkan bahwa audio visual dapat diterapkan sebagai media yang baik dalam pengajaran mendengarkan ungkapan memberi instruksi. Media ini membuat suasana kelas menjadi menarik dan menyenangkan, karena siswa menjadi lebih aktif dan menikmati aktifitas mereka. Respon siswa terhadap penggunaan media ini juga sangat baik. Media ini dapat merangsang siswa untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka.



ABSTRACT (ENGLISH)


Sya’bana, Rico Ady. 2014. “The Implementation of Audio Visual Media in Teaching Listening Of Giving Instruction Expression for Eight Grade SMPN 16 Surabaya”. Classroom Action Research (CAR). Pendidikan Bahasa Inggris. Pendidikan Profesi Guru (PPG). Universitas Negeri Surabaya.

Advisor                              : Him’mawan Adi Nugraha, M. Pd.

Key words                         : Listening, Audio Visual Media, Giving Instruction Expression


In English teaching and learning process, listening skill is very important. Listening dominates all of the activities. In other words, during the time of teaching and learning activities, listening must be involved, even though the activity just listen to a word or a sentence.  This is because one of the goals of teaching and learning English is to make the student be able to understand expressions in English. So, listening comprehension skill is a basic skill in learning English, since every activity in class involves listening.
In fact, from the exercises given to the students, many of them still find difficulties in comprehending expressions. The teachers should be creative to make their students enjoy in the listening activity in classroom. There are some alternative techniques that the teacher can use and audio visual media is one of alternative media aids to make the class fun and interesting.
This study is about the implementation of audio visual media in listening of giving instruction expression. The subject of this study is the eight grader students in SMPN 16 Surabaya. There are two research questions that will be answered, (1) How is the implementation of using audio visual media in listening of giving instruction expression for the eigth grade students at SMPN 16 Surabaya? (2) How does student respond after the implementation of small group discussion in listening of giving instruction expression in teaching and learning process at SMPN 16 Surabaya?
This study is descriptive qualitative research. The researcher use some instruments to conduct his research, there are observation checklist, field notes, and student’s opinion sheet. While the teaching and learning process, the researcher become the teacher and also an observer. He will observe the class activity in the teaching and learning process.

From the result and discussion after take the data, the researcher concluded that audio visual media could be implemented in the teaching listening of giving instruction. This media make the class interesting and fun, because the students be more active and enjoy in their activity. The student’s responses after the implementation of audio visual media is very good. This media improve the student’s listening comprehension. They understand the expression well after this technique has been implemented.

anda bisa mendownload file PTK disini:

4 comments: