PENERAPAN
MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENDENGARKAN UNGKAPAN
MEMBERI INSTRUKSI PADA SISWA KELAS VIII-E SMPN 16 SURABAYA
ABSTRAK
Ady
Sya’bana, Rico. 2014. Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan
Keterampilan Mendengarkan Ungkapan Memberi Instruksi pada Siswa Kelas VIII-E
SMPN 16 Surabaya. Penelitiab tindakan Kelas (PTK), Jurusan Pendidikan Bahasa
Inggris, Pendidikan Profesi Guru (PPG), Universitas Negeri Surabaya.
Dosen
Pembimbing : Him’mawan Adi Nugroho, M.
Pd
Kata
Kunci : Keterampilan
Mendengarkan, Media Audio Visual, Ungkapan Memberi Instruksi.
Dalam proses belajar mengajar,
keterampilan mendengarkan adalah hal yang penting. Mendengarkan mendominasi
segala aktifitas. Dengan kata lain, selama kegiatan belajar mengajar, kegiatan
mendengarkan selalu dilibatkan, meskipun hanya satu kata atau kalimat. Hal ini
karena tujuan dari pembelajaran bahasa Inggris adalah untuk membuat siswa
memahami ungkapan dalam bahasa Inggris. Dengan demikian, pemahaman mendengarkan
adalah keterampilan dasar dalam bahasa Inggris, karena segala aktifitas di
kelas melibatkan keterampilan ini.
Pada kenyataannya, dari latihan-latihan
yang diberikan kepada siswa, banyak dari mereka mendapatkan kesulitan dalam
memahami ungkapan. Guru seharusnya lebih kreatif untuk membuat siswa menikmati
kegiatan mendengarkan di dalam kelas. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan
untuk mengatasi hal tersebut. salah satunya adalah pengguanaan media bantu.
Media audio visual media adalah salah satu alternatif media yang dapat membuat
situasi kelas menjadi menarik dan menyenangkan.
Penelitian ini adalah tentang penerapan
media audio visual dalam mendengarkan ungkapan memberi instruksi. Subyek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII-E SMPN 16 Surabaya. Ada dua rumusan
masalah yang akan dijawab, (1) Bagaimana penerapan dari penggunaan media audio
visual dalam mendengarkan ungkapan memberi instruksi untuk siswa kelas VIII-E
SMPN 16 Surabaya? (2) Bagaimana respon siswa setelah penerapan media audio
visual dalam mendengarkan ungkapan memberi isntruksi pada siswa kelas VIII-E
SMPN 16 Surabaya?
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif
kualitatif. Peneliti menggunakan beberapa instrumen untuk melaksanakan
penelitian ini, yaitu lembar observasi, catatan lapangan dan kuisioner. Ketika
proses kegiatan belajar mengajar berlangsung, peneliti bertindak sebagai guru
sekaligus sebagai seorang observer. Dia akan mengamati kegiatan kelasa selama
proses belajar mengajar.
Dari hasil penelitian dan pembahasan setelah
pengambilan data, peneliti menyimpulkan bahwa audio visual dapat diterapkan
sebagai media yang baik dalam pengajaran mendengarkan ungkapan memberi
instruksi. Media ini membuat suasana kelas menjadi menarik dan menyenangkan,
karena siswa menjadi lebih aktif dan menikmati aktifitas mereka. Respon siswa
terhadap penggunaan media ini juga sangat baik. Media ini dapat merangsang siswa
untuk dapat lebih meningkatkan kemampuan mendengarkan mereka.
ABSTRACT (ENGLISH)
Sya’bana,
Rico Ady. 2014. “The Implementation of Audio Visual Media in Teaching Listening
Of Giving Instruction Expression for Eight Grade SMPN 16 Surabaya”. Classroom
Action Research (CAR). Pendidikan Bahasa Inggris. Pendidikan Profesi Guru
(PPG). Universitas Negeri Surabaya.
Advisor :
Him’mawan Adi Nugraha, M. Pd.
Key
words : Listening,
Audio Visual Media, Giving Instruction Expression
In English teaching and learning process,
listening skill is very important. Listening dominates all of the activities.
In other words, during the time of teaching and learning activities, listening
must be involved, even though the activity just listen to a word or a
sentence. This is because one of the
goals of teaching and learning English is to make the student be able to
understand expressions in English. So, listening comprehension skill is a basic
skill in learning English, since every activity in class involves listening.
In fact, from the exercises given to the
students, many of them still find difficulties in comprehending expressions.
The teachers should be creative to make their students enjoy in the listening
activity in classroom. There are some alternative techniques that the teacher
can use and audio visual media is one of alternative media aids to make the
class fun and interesting.
This study is about the implementation
of audio visual media in listening of giving instruction expression. The
subject of this study is the eight grader students in SMPN 16 Surabaya. There
are two research questions that will be answered, (1) How is the implementation
of using audio visual media in listening of giving instruction expression for
the eigth grade students at SMPN 16 Surabaya? (2) How does student respond
after the implementation of small group discussion in listening of giving
instruction expression in teaching and learning process at SMPN 16 Surabaya?
This study is descriptive qualitative
research. The researcher use some instruments to conduct his research, there
are observation checklist, field notes, and student’s opinion sheet. While the
teaching and learning process, the researcher become the teacher and also an observer.
He will observe the class activity in the teaching and learning process.
From the result and discussion after
take the data, the researcher concluded that audio visual media could be
implemented in the teaching listening of giving instruction. This media make
the class interesting and fun, because the students be more active and enjoy in
their activity. The student’s responses after the implementation of audio
visual media is very good. This media improve the student’s listening
comprehension. They understand the expression well after this technique has
been implemented.
anda bisa mendownload file PTK disini:
thx,,,
ReplyDeletethx,,,
ReplyDeletethank you for this helpful PTK
ReplyDeletebagaimana ya cara mendownload nya? thank you :)
ReplyDelete